Rabu, 03 Juli 2019

5 Kegunaan Kesehatan Minum Pil KB Tidak hanya untuk Menahan Kehamilan

Pil KB sampai sekarang ini masih jadi pilihan penting warga Indonesia dalam menahan kehamilan. Ya, pil KB jadi satu diantara cara kontrasepsi yang dipakai oleh paling tidak 20 % wanita Indonesia.

Walau memang punyai faedah penting jadi pencegah kehamilan, tetapi tahukah Anda jika nyatanya pil KB dapat juga dipakai untuk menangani masalah kesehatan lain? Ada banyak keadaan kesehatan yang dapat ditangani lewat cara minum pil KB. Apa faedah minum pil KB tidak hanya menahan kehamilan?

Faedah pil KB buat kesehatan


Telah tidak disangsikan , pil KB memang dapat menolong Anda pada tunda kehamilan. Bahkan juga dikutip dari WebMD, efektivitas pil KB dalam menahan kehamilan sampai 99,9 %. Tetapi, faedah pil KB tidak cuma untuk menahan kehamilan, tetapi dapat juga memberikan dampak positif pada badan, contohnya :


  • Minum pil KB dapat membuat haid lebih teratur


Buat Anda yang seringkali gelisah sebab haid tidak jelas jadwalnya, mungkin dapat coba minum pil KB. Kadang, dokter akan memberi resep obat minum ini pada pasiennya yang punyai agenda haid tidak teratur.

Haid tidak teratur umumnya dikarenakan oleh masalah hormon reproduksi. Nah, dengan minum pil KB, Anda dapat menolong melakukan perbaikan hormon itu.

Manfaat Minum Pil KB


Umumnya dokter akan memberi pil KB bahan aktif untuk diminum sepanjang 3 minggu beruntun. Selanjutnya, 1 minggu paling akhir Anda harus minum pil KB bahan tidak aktif. Bahan aktif yang ada di pil KB ini memiliki kandungan hormon yang bisa menolong tangani masalah hormon Anda waktu itu.


  • Pil KB dapat menahan kram perut serta migrain waktu haid


Apa tiap bulannya Anda tetap merasakan benar-benar kesakitan bila sedang hadir bulan? Ya, kenyataannya, umumnya wanita akan alami kram perut, migrain, bahkan juga sakit pada pinggang pada hari pertama serta ke-2 haidnya. Kembali lagi, ini dikarenakan oleh hormon yang tidak sedang konstan. Tetapi, kesempatan ini Anda dapat coba minum pil KB untuk bikin tanda-tanda haid tidaklah terlalu sakit serta tidak mengganggu kegiatan.

Faedah pil KB ini bahkan juga telah dibuktikan dalam beberapa riset, diantaranya riset yang dikerjakan di Swiss. Hasil riset itu mengutarakan jika wanita yang teratur minum pil KB, alami kram perut yang lebih jarang-jarang daripada yang tidak konsumsi.


  • Punyai permasalahan dengan jerawat? Anda dapat coba minum pil KB


Nah, ini faedah pil KB yang lain yang mungkin tidak Anda ketahui. Nyatanya, minum pil KB dapat menolong Anda pada menangani permasalahan jerawat yang membandel. Dapat disebut jerawat ialah lawan golongan wanita, ditambah lagi bila masuk waktu PMS, karena itu tidak cuma satu atau dua saja yang tampil di muka.

Jerawat ada karena produksi sebum yang terlalu berlebih. Sesaat, sebum ialah minyak yang dilepaskan oleh kelenjar serta produksinya ditata oleh hormon. Nah, sayangnya saat Anda hadir bulan, hormon Anda dikit kalut serta tidak konstan. Ini yang selanjutnya membuat jerawat condong banyak saat PMS.

Karena itu itu, Anda perlu pil KB untuk menangani permasalahan jerawat. Pil KB sudah di setujui Food and Drugs Association (US FDA) untuk jadikan jadi obat jerawat. Jadi, Anda tidak butuh pusing dengan permasalahan jerawat setiap kali hadir bulan.


  • Memudahkan tanda-tanda endometriosis


Endometriosis ialah masalah kesehatan yang berlangsung karena dinding rahim yang tumbuh serta menebal dengan tidak normal. Beberapa wanita mungkin tidak alami tanda-tanda tersendiri, tetapi sejumlah besar menyalahkan kram perut, sakit dibagian punggung belakang, sampai haid yang keluarkan darah yang banyak. Pil KB bisa kurangi beberapa tanda-tanda itu lewat cara perlambat tumbuhnya dinding rahim, hingga tanda-tanda itu tidak ada.


  • Turunkan efek beberapa macam kanker


Kanker ovarium serta kanker rahim ialah kanker yang cukup seringkali berlangsung pada wanita. Sekarang ini, sudah dibuktikan jika efek kanker ovarium serta kanker rahim bisa di turunkan lewat cara minum pil KB. Riset yang diterbitkan dalam Obstetrics and Gynecology, menunjukkan jika pemakaian pil KB dapat turunkan efek kanker ovarium serta kanker rahim sampai 40-50 %. Pasti faedah pil KB yang satu ini wajar diperhitungkan, kan?

Tanyakan pada dokter kandungan Anda pada pemakaian pil KB serta dampak non-kontrasepsi yang ada di pemakaian pil KB. Bila Anda memerlukan info selanjutnya, semestinya selekasnya hubungi dokter, bidan, atau pegiat kesehatan.
Disqus Comments