Rabu, 03 Juli 2019

4 Kekeliruan Minum Pil KB yang Seringkali Dikerjakan

Pil KB banyak dipakai oleh beberapa wanita untuk menahan kehamilan serta mengatur kelahiran dan kesuburan. Tetapi, beberapa wanita salah dalam minum pil KB, seehingga menyebabkan pada kerja pil yang tidak efisien, serta pada akhirnya bisa membuat kehamilan yang tidak diharapkan.

Walau sebenarnya, jika diminum dengan ketentuan yang pas, pil KB 99 % efisien untuk menahan kehamilan. Tetapi, bila Anda lakukan kekeliruan dalam proses pengonsumsiannya, karena itu efektivitasnya dapat turun sampai 91 %. Oleh karenanya, Anda harus tahu kesalahan-kesalahan umum yang perlu dijauhi waktu konsumsi pil kb supaya memperoleh faedah yang optimal.

Bagaimanakah cara kerja pil KB?


Pil KB memiliki kandungan hormon estrogen serta progesteron bikinan. Hormon ini kerja untuk menghalangi hormon alami badan yang bermanfaat untuk menahan kehamilan. Proses kehamilan pada orang wanita diawali dengan pelepasan sel telur dari indung telur. Sel telur yang dilepaskan ini selanjutnya dibuahi oleh sperma. Sel telur yang sudah dibuahi seterusnya melekat ke sisi dalam rahim serta jadi membesar bersamaan dengan konsumsi makanan dikonsumsi sang ibu.

Kesalahan Minum Pil KB


Nah, umumnya, pil KB kerja lewat cara menahan badan untuk lakukan ovulasi. Diluar itu, alat kontrasepsi hormonal ini mengentalkan lendir pada leher rahim hingga membuat sperma susah bergerak untuk menjumpai sel telur. Pil KB dapat menahan kehamilan dengan merubah susunan rahim hingga sel telur yang sudah dibuahi susah untuk melekat.

Apa kekeliruan minum pil KB yang seringkali dikerjakan?



  • Lupa minum pil KB


Beberapa wanita yang lupa untuk minum pil. Janganlah dianggap remeh, ini malah dapat mengakibatkan kerusakan program KB Anda. Dikutip dari Self, Board-certified obgyn Antonio Pizarro, M.D. menjelaskan jika Anda lupa minum pil KB, karena itu cepatlah minum pil itu saat Anda ingat.

Contohnya saat Anda lupa minum pil itu waktu malam hari, karena itu waktu bangun tidur serta Anda mengingatnya, selekasnya minum pil berdasar dosis yang perlu Anda minum tadi malam. Pil yang perlu Anda minum pada hari itu masih Anda mengonsumsi di jam serta waktu sesuai dengan agenda yang semestinya. Tetapi, bila Anda tidak ingat sampai waktu dimana Anda harus mengkonsumsinya , karena itu minum dua pil sekaligus juga pada sebuah waktu.

Bila Anda lupa meminum sepanjang dua hari atau lebih, karena itu Anda butuh mengulang-ulang ketentuan minum pil dari pertama sepanjang tujuh hari beruntun serta memakai alat kontrasepsi cadangan seperti kondom sepanjang 1 minggu. Satu riset di tahun 2007 menunjukkan sekitar 27 % wanita yang minum pil sepanjang dua hari beruntun serta tidak memakai alat kontrasepsi cadangan bisa tingkatkan efek kehamilan. Sebaiknya untuk mengonsultasikan pada dokter tentang langkah yang butuh diambil bila lupa mengonsumi pil.


  • Tidak minum pil KB di jam yang sama


Kekeliruan paling umum yang seringkali dikerjakan oleh banyak wanita adalah konsumsi pil tidak pada pukul yang sama sehari-harinya. Bila Anda minum pil KB yang cuma memiliki kandungan progestin, karena itu Anda butuh mengkonsumsinya di jam yang sama sehari-harinya. Ini karena, bahan aktif dalam pil ini tidak bertahan dalam skema badan untuk waktu yang lama serta biasanya cuma sepanjang 24 jam.

Oleh karenanya, waktu Anda meminum di jam yang berlainan sehari-harinya, karena itu kesuburan alami akan kembali serta sangat mungkin rahim untuk melepas sel telur. Diluar itu, Anda pun beresiko alami pendarahan yang tidak teratur. Lebih bila Anda berhubungan seksual sesudah terlambat minum pil, karena itu Anda beresiko tinggi untuk hamil.

Bila Anda minum pil KB yang berisi gabungan hormon estrogen serta progestin, Anda dapat lebih fleksibel dalam pilih jam minum pil sehari-harinya. Tetapi, Anda pun masih dianjurkan untuk minum pil di jam yang sama sehari-harinya, untuk membuat rutinitas serta menahan Anda lupa. Jadi, makanlah pil di waktu yang sama sehari-harinya untuk mengoptimalkan kerja pil.


  • Tidak konsultasi ke dokter waktu putuskan untuk minum pil KB


Meskipun pemakaian pil KB disarankan oleh pemerintah untuk mengatur kelahiran, tapi belum pasti kebanyakan orang aman memakainya. Oleh karenanya, tetap tanyakan ke dokter serta cek kisah kesehatan Anda sebelum memakai pil ini. Contohnya bila Anda mempunyai kisah penggumpalan darah, karena itu pemakaian pil KB dapat tingkatkan efek ini. Oleh karena itu, penting mengonsultasikan ke dokter untuk membahas pilihan kontrasepsi yang paling pas untuk Anda.


  • Memakai pil KB pada saat jalani penyembuhan lain


Beberapa penyembuhan bisa membuat pil KB kerja kurang efisien serta dapat menghalangi kerja pil keseluruhannya. Ini dapat menyebabkan pada kehamilan yang tidak diharapkan atau bahkan juga memunculkan resikonya yang lain yang beresiko buat badan. Beberapa macam obat ini salah satunya :

  1. Antibiotik seperti rifampin
  2. Obat minum untuk infeksi jamur
  3. Obat-obatan untuk HIV
  4. Suplemen herbal tersendiri


Upayakan untuk menghindarkan kesalahan-kesalahan itu bila Anda inginkan faedah optimal dari pil KB yang Anda pakai. Bila Anda memerlukan info selanjutnya, semestinya langsung hubungi dokter, bidan, atau pegiat kesehatan ditempat.
Disqus Comments